Daftar Isi

Saturday, August 18, 2012

valentine day di berbagai negara

Kasih sayang, serba pink, coklat, mawar merah dan tak lupa dengan kado Valentine serta SMS Valentine, itulah yang biasanya tergambar pada tradisi Valentine Day yang jatuh tiap tanggal 14 Februari. Momentum perayaan Hari Kasih Sayang  tersebut sudah menjadi tradisi sebagian orang. Dalam merayakan Hari Valentine, tiap orang di berbagai negara memiliki tradisi Valentine Day yang berbeda-beda.

Asal muasal Valentine Day sendiri sudah ada sejak dahulu kala. Menurut tarikh kalender Athena kuno, periode antara pertengahan Januari dengan pertengahan Februari adalah Gamelion, bulan yang dipersembahkan khusus untuk pernikahan suci Dewa Zeus dan Dewi Hera. Asal-muasalnya yang gelap sebagai sebuah hari raya Katolik Roma juga dikaitkan dengan Santo Valentinus.

Hari raya ini sekarang terutama diasosiasikan dengan para pencinta yang saling bertukaran notisi-notisi dalam bentuk "valentines". Simbol modern Valentine antara lain termasuk sebuah kartu berbentuk hati dan gambar sebuah Cupido (Inggris: cupid) bersayap. Mulai abad ke-19, tradisi penulisan notisi pernyataan cinta mengawali produksi kartu ucapan secara massal.


The Greeting Card Association (Asosiasi Kartu Ucapan Amerika Serikat) memperkirakan bahwa di seluruh dunia sekitar satu milyar kartu Valentine dikirimkan per tahun. Hal ini membuat hari raya ini merupakan hari raya terbesar kedua setelah Natal di mana kartu-kartu ucapan dikirimkan. Asosiasi yang sama ini juga memperkirakan bahwa para wanitalah yang membeli kurang lebih 85% dari semua kartu valentine. Seiring menyebarnya perayaan Valentine Day ke berbagai negara, perayaannya juga mengikuti kultur setempat. 

Amerika Serikat
Perayaan Valentine Day di Amerika Serikat ditandai dengan saling bertukar kartu. Selama bertahun-tahun, ada banyak jenis kartu yang diberikan saat perayaan hari kasih sayang itu. Bukan hanya kartu-kartu berhias indah dan berisi kata-kata asmara , tapi juga yang berisi humor-humor kejam. Tak jarang orang-orang berkreasi sendiri membuat kartu Valentine untuk diberikan pada orang-orang tercinta.


Selain berkirim kartu ucapan, beragam game terkait Valentine juga jadi ciri khas perayaan Valentine Day di AS. Dari mulai Truth or Dare, Be My Valentine, Love Ya Game,Valentine’s Day Party Word Mix dan Kissing Game. Dari semua permainan itu, Kissing Game menjadi permainan wajib. Permainan ini merupakan suatu kompetisi mencium terlama yang diikuti oleh peserta yang berpasang-pasangan. Memang pasangan tak harus kekasih atau suami-istri. Pasangan kakak-adik, ayah-anak, teman ataupun yang lain juga bisa mengikuti permainan ini.

Dalam Kissing Game, peserta harus mencium pipi pasangannya selama mungkin sambil menari diiringi irama musik. Peserta yang kedapatan melepas ciumannya walau secara tak sengaja ketika menari maka dinyatakan kalah. Alternatif lain adalah dengan menggunakan lipstik. Peserta mencium pasangannya dengan bibir yang diolesi lipstik terlebih dulu. Peserta yang menjadi juara adalah mereka yang mampu mendaratkan ciuman terbanyak pada bagian wajah pasangannya. Jumlah bekas lipstik menjadi dasar penilaiannya.

Inggris

Di Inggris dapat ditemukan berbagai versi kisah cinta yang diungkapkan untuk menyambut hari Valentine. Di negeri ini saat hari Valentine tiba majalah-majalah akan menerbitkan soneta dan puisi untuk memperingatinya. Di Wales, para pemuda akan menghadiahkan sendok kayu pada kekasihnya di hari kasih sayang. Bentuk hati dan kunci adalah hiasan paling favorit diukir di atas sendok.


Dulu,selama beberapa tahun di Inggris, banyak anak kecil di dandani layaknya anak dewasa pada hari Valentine. Mereka berkeliling dari rumah ke rumah sambil bernyanyi. Para gadis akan menerima hadiah berupa busana dari para pria. Jika ia menerima hadiah tersebut, ini pertanda ia bersedia dinikahi pria tersebut.

Beberapa orang meyakini bahwa jika seorang wanita melihat burung pipit saat Valentine Day, maka mereka akan menikah dengan seorang pria miskin. Namun mereka akan hidup bahagia. Sementara jika mereka melihat burung gereja maka mereka akan menikah dengan seorang jutawan.

Beberapa “mitos” juga berkembang. Pikirkan lima atau enam nama pria (jika anda wanita) atau lima atau enam nama wanita (jika anda pria) yang ingin anda nikahi. Lalu putarlah setangkai apel sambil menyebut nama tersebut satu persatu. Anda akan menikah dengan nama yang anda sebut saat tangkai tersebut lepas dari buahnya.

Petiklah sekuntum bunga dandelion yang tengah mengembang. Tiuplah putik-putik pada bunga tersebut, lalu hitunglah putik yang tersisa. Itu adalah jumlah anak yang akan anda miliki setelah menikah.Sementara jika anda memotong sebuah apel pada tengahnya dan menghitung jumlah biji di dalamnya, ini juga bisa menunjukkan jumlah anak yang akan anda miliki setelah menikah.

Para cewek Inggris yang masih jomblo bangun lebih pagi pada hari Valentine. Mitosnya, cowok pertama yang mereka lihat hari itu yang akan menjadi pendamping hidupnya. Kebiasaan unik lainnya, mereka meletakkan semanggi berdaun empat yang dipercaya sebagai simbol keberuntungan di sudut-sudut bantal dan makan telur dengan garam di malam Valentine.

Denmark
Valentine menjadi hari yang ditunggu masyarakat Denmark usia 16-30 tahun. Beberapa tradisi yang popular di Denmark, antara lain;Lover Card. Kartu berbahan transparan ini jika di dekatkan lampu akan muncul gambar pengirim dengan hadiah ditangannya. Selain itu, ada pula yang dibuat mengeluarkan musik. 


Ada juga  bunga putih. Simbol cinta di Denmark adalah bunga putih alias snowdrop. Bunga ini ditujukan untuk teman, keluarga dan pasangan. Cowok Denmark juga punya tradisi menulis puisi lucu (Gaekkebrev) yang akan diberikan pada cewek yang dia suka. Dalam puisi tersebut, si cewek harus menebak nama pengirimnya. Petunjuknya adalah, satu titik huruf yang ada pada namanya


Perancis
Di Perancis ada sebuah tradisi unik di hari Valentine. Para lanjang masuk rumah dan saling berhadapan dan mulai saling memanggil. Atau   mereka memanggil  dari satu jendela ke jendela lainnya dan berpasangan dengan seseorang yang mereka pilih. Jika seorang pria tidak menyukai pasangannya dia akan meninggalkan wanita ini.


Selanjutnya ada acara api unggun di mana wanita yang ditinggalkan akan membakar foto sang pria dan meneriakkan makiannya. Karena acara ini membutuhkan banyak ruang dan kadang disalahgunakan, pemerintah Perancis menetapkan tidak ada lagi ada acara memanggil pasangan Valentine.Di negeri itu juga ada tradisi mengirimkan kartu yang disebut cartes damities yang berisi pesan-pesan indah.

Jerman
Di Jerman ada tradisi bagi pria muda dan kekasihnya untuk saling menunjukkan kasih sayang mereka dengan mengirim bunga di hari Valentine. Biasanya disertai dengan kartu berisi kata-kata indah. Pria-pria Jerman juga memberikan bunga mawar, cokelat dan lain-lain sebagai hadiah Valentine untuk istrinya.


Italia
Di Italia hari Valentine dirayakan sebagai bagian dari Festival Musim Semi dan digelar di tempat terbuka. Kaum muda berkumpul di lapangan berbunga atau ornamen taman, di mana mereka mendengarkan musik dan pembacaan puisi. Lalu mereka jalan-jalan dengan pasangan Valentine-nya berduaan di taman. Tapi sayang, tradisi ini sudah tidak dilakukan lagi selama beberapa abad.


Di Turin, salah satu kota di Italia ada sebuah tradisi di mana pasangan yang bertunangan mengumumkan pertunangan mereka di hari Valentine. Sementara di Roma hari Valentine dinamakan Lupercalia. Ini jadi saat yang sangat romantis dan menyenangkan bagi sepasang kekasih.


Skotlandia
Di Skotlandia perayaan hari Valentine dilakukan dengan sebuah festival, yang dihadiri sejumlah remaja pria dan wanita yang belum menikah. Masing-masing kemudian menuliskan nama di atas secarik kertas kecil, lalu menggulungnya. Kertas itu dikumpulkan di dua topi, satu untuk pria dan satu untuk wanita. Tiap orang kemudian mengambil satu-satu. Setelah menemukan pasangan, semua diminta tetap pada pasangan yang telah didapat, meski mungkin mereka tidak merasa cocok.


Jepang
Valentine dirayakan berbeda di negeri matahari terbit. Dalam setahun,Valentine Day dirayakan sebanyak dua kali. Tepat pada 14 Februari atau Valentine day, dan 14 Maret, yaitu white day. Pada Valentine Day, cewek Jepang memberi coklat untuk teman dan keluarga. Kebanyakan dari mereka membuat coklat sendiri.


Kemudian white day, yang merupakan hari dimana para cowok Jepang membalas coklat yang telah mereka terima pada Valentine Day dengan kado atau coklat serba putih. Wanita Jepang biasanya terlalu malu untuk mengungkapkan rasa cinta mereka. Oleh karena itu, hari Valentine dianggap sebagai hari di mana wanita bebas mengekspresikan perasaan mereka.

Secara bisnis, tradisi pemberian coklat ini memberikan keuntungan yang sangat besar bagi toko penjual coklat. Sekarang perusahaan cokelat di Jepang menjual lebih dari setengah dari penjualan tahunan mereka selama seminggu sebelum hari Valentine.

Hadiah coklat dibagi menjadi tiga jenis yaitu: giri choco (coklat wajib), honmei choco (coklat untuk pria wanita serius) dan tomo choco (coklat untuk teman-teman perempuan si pemberi) . Giri choco diberikan oleh perempuan untuk atasan mereka di tempat kerja dan juga untuk laki-laki lain rekan kerja. Sudah lazim bagi seorang wanita untuk membeli 20 sampai 30 kotak berbagai jenis coklat untuk dibagi di kantor tempat dia bekerja.

Korea dan Taiwan
Baik di Korea maupun di Taiwan, sebagai pengaruh dari Jepang salah satu barang yang dihadiahkan saat Valentine Day adalah cokelat. Tetapi, di Taiwan pemberi cokelat kebanyakan adalah laki-laki. Di Taiwan ada acara yang mirip dengan perayaan Valentine Day di China yang disebut TANABATA yang jatuh pada tgl 7 Juli.


Di Taiwan jika pada hari White Day, hadiah dari kaum wanita juga ada. Di Korea White day-nya sama dengan Jepang, namun akhir-akhir ini bagi kalangan muda yang tidak menerima apa-v v bapa pada tanggal 14 Februari maka mereka memutuskan untuk  makan Chajanmen seorang diri dan disebut sebagai BLACK DAY. Peluang ini banyak ditangkap restoran China yang biasanya akan melakukan promosi besar-besaran.


Afrika Selatan

Ada tradisi unik merayakan Valentine Day di Afrika Selatan. Namanya, festival Lupercalia. Remaja cewek dan cowok bakal menyematkan nama kekasih mereka di lengan baju. Selain itu, event Valentine Day juga dihabiskan dengan berkunjung ke taman suaka marga satwa atau cagar alam bersama keluarga dan teman-teman. Acara rafting dan hiking termasuk dua kegiatan paling favorit, saat Valentine Day tiba.

Indonesia
Di Indonesia, budaya bertukar surat ucapan antar kekasih juga mulai muncul. Kebiasaan ini menjadi semakin populer di kalangan anak muda, terutama di kota-kota besar. Namun, bentuk perayaan Valentine Day sendiri bermacam-macam, mulai dari saling berbagi kasih dengan pasangan, orang tua, orang-orang yang kurang beruntung secara materi, dan mengunjungi panti asuhan di mana mereka sangat membutuhkan kasih sayang dari sesama manusia. 

Selain bertukar surat, pemberian coklat pada orang terkasih juga banyak dilakukan oleh kaum pria.Pertokoan dan media (stasiun TV, radio, dan majalah remaja) di Indonesia juga marak mengadakan acara-acara yang berkaitan dengan  Valentine. Tradisi ini memang kerap jadi perdebatan seru, terkait kultur Islam yang kental mewarnai kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Namun, seolah hanya sebatas wacana, perayaan Valentine Day masih terus berlangsung saban tanggal 14 Februari jatuh. 


No comments:

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungan anda!